Tanjungpinang — Setelah pada tahun 2018 Univeritasi Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) memperoleh predikat B untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari BAN-PT, pada awal tahun 2019 ini UMRAH kembali mendorong program studi-program studi (Prodi) untuk meningkatkan peringkat akreditasinya. Dari 19 prodi yang ada UMRAH,

11 diantaranya telah memperoleh peringkat Akreditasi B dari BAN-PT. Oleh karena itu pada tahun ini ditargetkan ada 9 Prodi yang akan mengusulkan akreditasi ke BAN-PT, yaitu prodi Ilmu Kelautan, Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Sosial Ekonomi Perikanan dan Ilmu Hubungan Internasional. Untuk prodi Sosial Ekonomi Perikanan dan Ilmu Hubungan Internasional ini merupakan Akreditasi pertama, sedangkan prodi lainnya melaksanakan Re-akreditasi dengan target peringkat akreditasi A dan B.

Untuk mencapai peringkat akreditasi yang lebih baik, masing-masing prodi telah membentuk tim Akreditasi prodi untuk mempersiapkan Borang Akreditasi serta dokumen-dokumen pendukungnya. Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc menugaskan Tim Pusat Penjaminan Mutu (PJM) untuk memberikan pendampingan bagi prodi-prodi tersebut. Hal ini guna mengatasi berbagai permasalahan dan kendala yang dialami oleh masing-masing prodi.

Guna mengoptimalkan kegiatan pendampingan Akreditasi prodi tersebut, Pusat Penjaminan Mutu (PJM) UMRAH melibatkan semua anggotanya yang terdiri dari dosen berbagai keilmuan dan  sebagian besar memiliki pengalaman terlibat langsung dalam Akreditasi, yaitu Dr. Ir. Khodijah, M.Si, Akhirman, S.Sos., M.M, Alena uperiati, S.T., M.Cs, Nurul Hayaty, S.T., M.Cs dan Ayu Efritadewi, S.H., M.H. Akreditasi prodi adalah tugas seluruh dosen dan bukan hanya tanggungjawab ketua prodi, oleh karena itu diperlukan tim kerja yang solid. Ketersediaan dokumen yang lengkap juga sangat diperlukan, dan yang terpenting adalah kejujuran dalam mengisi dokumen sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan prodi tersebut, demikian dikutip dari Rozeff Pramana, ST.,MT sebagai ketua PJM UMRAH yang memiliki pengalaman dua kali Akreditasi prodi saat menjabat ketua prodi/ketua jurusan Teknik Elektro 2010-2017.

Kegiatan pendampingan Akreditasi dilakukan secara terjadwal hingga menjelang batas waktu submit Borang Akreditasi ke aplikasi “SAPTO” BAN-PT yaitu 31 Maret 2019.

PJM mendorong semua prodi untuk men-submit dokumen Borang Akreditasi dan dokumen  pendukung lainnya sebelum batas waktu yang ditetapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Pada beberapa sesi kegiatan, Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc dan Wakil Rektor I Prof.Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si berkesempatan langsung memantau dan memberikan arahan. Hal  tersebut tentunya memberikan motivasi bagi seluruh tim akreditasi prodi.

Pendampingan Akreditasi dilakukan tim PJM baik secara formal yaitu mendatangi prodi-prodi dengan melihat langsung persiapan khususnya dokumen borang, pendampingan dilakukan juga dengan cara konsultasi baik secara langsung maupun menggunakan media komunikasi. Kegiatan konsultasi ini sering dimanfaatkan oleh ketua prodi/ anggota tim akreditasi prodi diberbagai waktu karena tidak dibatasi waktu oleh PJM. Hal ini bertujuan agar prodi dapat segera menyelesaikan borang akreditasi dan dokumen-dokumen pendukungnya.

Selain memberikan pendampingan dan konsultasi terkait penyusunan Borang dan dokumen penunjang akreditasi, tim PJM juga memberikan bantuan dalam hal pengisian Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Sebagaimana diketahui, Borang dan dokumen akreditasi tidak lagi dikirim langsung ke BAN-PT di Jakarta, namun cukup dengan mengisi dan mengunggah dokumen pada aplikasi SAPTO yang tersedia. Unit kerja PJM yang menangani ini adalah bagian Akreditasi yang di koordinasi oleh ibu Nurul Hayaty, S.T., M.Cs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here