Tanjungpinang — Dalam rangka meningkatkan mutu institusi dan lulusan yang dihasilkan, Universitas Maritim Raja Ali Haji kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Akreditasi Program Studi 4.0, atau sering di singkat dengan APS 4.0. Sosialisasi APS 4.0 tersebut diselenggarakan pada 16 Agustus 2019 di Gedung Rektorat lt 3 Kampus UMRAH-Dompak dihadiri oleh seluruh ketua prodi, wakil dekan I, kepala UPT, kasubag dan unit-unit terkait serta perwakilan dosen. Hadir pula dalam acara tersebut anggota PJM Dr. Ir. Khodijah, M.Si, Akhirman, S.Sos., M.M, Alena uperiati, S.T., M.Cs.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini terkait instrumen Akreditasi BAN-PT terbaru tersebut. Sehingga, diharapkan ketua prodi dan unit-unit kerja pendukung dapat mempersiapkan instrumen dan memprogramkan kegiatan-kegiatan lebih baik sesuai dengan instrumen APS 4.0 tersebut.

Acara Sosialisasi tersebut dibuka oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc sekaligus memberikan materi pentingnya Akreditasi, perkembangan instrumen APS hingga penilaian utama instrument APS 4.0 yang sudah diberlakukan tahun ini.

Narasumber lain yang mengisi materi Sosialisasi tersebut adalah bapak Rozeff Pramana, ST.,MT dan Nurul Hayaty, S.T., M.Cs dari unit Penjaminan Mutu-UMRAH, yang pernah mendapatkan bimbingan teknis dari BAN-PT. Bapak Rozeff Pramana memaparkan tentang Laporan Kinerja Program Studi (LKPT) dan ibu Nurul Hayaty memaparkan tentang Laporan Evaluasi Diri (LED). Seperti disebutkan oleh Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc, bahwa kedua dokumen inilah yang akan digunakan sebagai dokumen utama untuk usulan Akreditasi program studi saat ini, instrument yang digunakan juga mengacu pada 9 standar dengan penilaian yang berbeda dari instrument BAN-PT sebelumnya.

Instrumen APS 4.0 terbaru ini mengukur 4 dimensi utama, yang meliputi mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola; mutu dan produktivitas luaran (outputs), capaianĀ  (outcomes), dan dampak (impacts); mutu proses; dan kinerja mutu input. Penilaian akreditasinya juga mengalami perubahan, dimana nantinya akan terdapat peringkat akreditasi yaitu Unggul, Baik Sekali dan Baik. Dalam usulan akreditasi juga akan diperhatikan syarat-syarat terakreditasi dan peringkat, demikian dipaparkan oleh Rozeff Pramana, ST.,MT yang juga merupakan Ketua PJM-UMRAH. Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan pula mekanisme penyusunan laporan Evaluasi diriĀ  dan gambaran pertanyaan asesor saat visitasi oleh Nurul Hayaty, S.T., M.Cs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here